Definisi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Definisi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Fokus utama dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 adalah peningkatan kepuasan pelanggan. Standar ini didasarkan pada model PDCA (Plan-Do-Check-Action).

Persyaratan pelanggan menjadi masukan untuk proses realisasi produk / jasa, dengan keluaran berupa produk atau jasa yang berkualitas dan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebuah organisasi harus mengukur kepuasan pelanggan dan menggunakan informasi ini ketika menentukan kebutuhan untuk meningkatkan proses.

ISO merupakan sebuah kata dari Bahasa Yunani yang memiliki arti sama. Seperti kata yang digunakan daam istilah kimia semisal  isobar, isoton dan isotop yang memiliki arti sama.

ISO bukanlah organisasi pemerintahan (Non Government Organization) dan didirikan pada 23 Februari 1947 di Gebeva – Swis oleh Organisasi pengelola standard international yaitu International Organization for standardization. ISO merupakan standar yang bersifat internasional dikarenakan mempublikasikan hasil kesepakatan-kesepakatan internasional dan sering kali ISO dipahami sebagai singkatan dari International Standard of Organization. Beberapa negara yang menerapkan ISO memiliki perwakilannya seperti Indonesia oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional, Register Accreditation Board (USA), National Accreditation Council (UK), Japanese Industrial Standard Committee (Jepang) dan Singapore Productivity and Standard Board (Singapura) dan masih banyak negara lainnya.

Quality Management System / QMS ISO 9001:2008 adalah suatu standar yang memberikan persyaratan dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>